•  
  •  
  •  
  • MATANG KALADAN
  • MESJID AL-KAROMAH MARTAPURA
  • PUSAT PERBELANJAAN BATU PERMATA MARTAPURA

KAB.BANJAR

Martapura dengan luas ± 4.688 km2 adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Martapura adalah ibukota kabupaten Banjar yang terdiri atas kecamatan Martapura, Martapura Barat dan Martapura Timur. Julukan Kota Martapura sebagai kota Intan merupakan kebanggan tersendiri bagi para masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Banjar. Bercermin pada perjalanan sejarah perkembangan kota Martapura yang juga merupakan ibu kota kabupaten Banjar sangatlah beralasan. Hal ini dapat dibuktikan sejak tahun 1950 sampai dengan sekarang banyak para pedagang intan tradisional melakukan kegiatan dagang dan transaksinya di kota ini. Batu mulia, seperti intan dan permata adalah ciri khas Martapura. Oleh sebab itu, kota ini sering dikunjungi wisatawan karena merupakan pusat transaksi penjualan intan dan tempat penggosokan intan utama di Kalimantan, serta menyediakan banyak cinderamata batu mulia. Kabupaten Banjar dengan jumlah penduduk 506.204 jiwa, dengan jarak 40 kilometer dari Kota Banjarmasin, memakan waktu sekitar 1 jam untuk menuju kesana. Martapura dikenal sebagai Kota Serambi Mekah nya Kalimantan Selatan, dengan Pesantren Darussalam yang banyak melahirkan ustad-ustad terkenal. Martapura juga memiliki masjid besar "Al Karomah” dan kota penghasil batu permata terbesar. Martapura tercatat dengan cerita-cerita tentang penemuan batupermata dalam ukuran besar, yang terjadi pada tahun 1965yang diberi namaTrisaktidengan ukuran 33 karat.Baru-baru ini juga telah ditemukan batu permata yang berwarna abu-abu dengan ukuran 15 karat yang diberi nama Putrimalu.

 

 PASAR TERAPUNG "LOK BAINTAN”

Pasar Terapung yang satu ini terletak di desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dimana para pedagangnya kebanyakan berasal dari Desa Pemakuan Sei.Tapang, Lok Baintan dan Sei.Tabuk itu sendiri.Kegiatan pasar dimulai selepas subuh hingga pukul 10.00 WITA.Situasi di sini lebih ramai dengan pedagang hasil alam, seperti sayur-mayuryang hijau sehingga menambah segera jiwa para pengunjung yang melihatnya.

MAKAM SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL BANJAR1 (DATU KALAMPAIAN)

Makam ulama kharismatik, Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari atau lebih dikenal dengan sebutan Datu Kalampayan, merupakan destinasi wisata religious yang banyak dikunjungi wisatawan. Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari merupakan pengarang buku Sabilal Muhtadin yang dipakai sebagai pedoman bagi ulama di Indonesia dan di Negara Islam ASEAN.Bagi wisatawan yang ingin turut merasakan manisnya sentuhan wisata religi di relung hati, bisa dengan mengikuti pengajian bersama yang diikuti ribuan orang yang berlangsung di banyak tempat di Martapura seperti di Sekumpul, Keraton, Tunggul Irang dan lain-lain, sebagai investasi Rohani dalam jiwanya. Makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari terletak di desa Kalampayan Ulu, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar dengan jarak tempuh sekitar ±60km dari kota Banjarmasin, sedangkan dari kota Martapura, ibu kota Kabupaten Banjar- hanya kurang lebih 20 menit waktu perjalanan. Kitab / buku karangan beliau yang terkenal adalah Sabilal Muhtadin sebuah kitab ilmu agama Islam yang kemudian diabadikan sebagai nama masjid terbesar di Kalimantan Selatan.

TAHURA (TAMAN HUTAN RAYA)

Terletak di Kecamatan Aranio, di Desa Mandiangin, dengan luas ± 50 hektar.Dikenal sebagai Hutan Lindung yang mempunyai daya tarik sebagai tempat rekreasi alam, juga sebagai area Perkemahan, di area ini terdapat geopark peninggalan Belanda berupa benteng.

PASAR PERMATA ‘‘CAHAYA BUMI SELAMAT"

Di Martapura, wisatawan akan dimanjakan dengan ragam hias permata dan accessories yang ditawarkan semua pertokoan permata yang berada di Komplek Pertokoan Pasar Bakti, Martapura Plaza dan Pertokoan Permata Cahaya Bumi Selamat dengan harga ber- variasi dan bisa ditawar, mulai harga Rp. 5000, sampai dengan puluhan juta rupiah. Pengunjung bisa memesan permata dengan ukuran dan desain yang disukai di semua toko permata. Selain permata terdapat juga souvenir lainnya khas Kalimantan Selatan yang dijual di sana, seperti hasil kerajinan, senjata Mandau khas Kalimantan, kain sasirangan dan lain-lain. Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan langsung proses penggosokan batu intan menjadi permata di unit penggosokan intan, baik modern maupun tradisional mulai dari rumahan sampai yang besar seperti penggosokan intan milik Bank Indonesia di jalan Jenderal A. Yani Martapura. Kota Martapura berjarak kurang lebih 40km dari Banjarmasin.

 

 

Find the last offers by SkyBet at www.bettingy.com BettingY.com Bonuses

© 2017 DINAS PARIWISATA  Provinsi Kalimantan Selatan