•  
  •  
  •  
  • PULAU SAMBER GELAP
  • PULAU SAMBER GELAP
  • PULAU SAMBER GELAP

KAB.KOTABARU

Kabupaten Kotabaru merupakan satu Kabupaten yang memanjang dari Selatan ke Utara di bagian Timur Provinsi Kalimantan selatan. Sebaga kabupaten terluas di Kalimantan Selatan (±9.422,46 km2), memiliki cukup banyak potensi alam/daratan dengan bahari nya dan wisata buatan seperti Taman. Penduduk kabupaten yang  beraneka ragam suku bangsa, merupakan penambahan kekayaan budaya. Juga ada beberapa makam guru-guru agama kharismatik dan raja-raja sebelum kemerdekaan. Ada beberapa daya tank wisata yang dimiliki Kabupaten Kotabaru ini, yaitu :

PANTAI GEDAMBAAN

Pantai Gedambaan Atau Sarang Tiung terletak sekitar 15 km dari pusat kota. Selain pemandangan yang cukup indah di lokasi objek wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa, panggung terbuka, pondok wisata, arena perkemahan, tempat jajah , wahana permainan ( game station ) serta beberapa fasilitas lainnya. Disekitar objek wisata ini juga terdapat beberapa tempat makan diatas kolam pemancingan.

AIR TERJUN TUMPANG DUA

Air terjun ini terletak di Desa Sebelimbingan, sekitar 14 kilometer dari pusat kota, yang merupakan kawasan yang indah dengan kesejukan air pegunungannya yang jernih. Di Kawasan ini terdapat Balai Pertemuan, Taman tirta, Kedai Makanan dan Minuman, dan Lapangan Gokart dan Lapangan Sirkuit.

TELUK TAMIANG

Teluk Tamiang yang berada jauh di sebelah Barat Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, dengan lautnya yang jernih, hijau dan biru oleh pancaran cahaya sinar matahari.Dari permukaan air tampak tembus pemandangan menakjubkan aneka ragam terumbu karang. Terumbu karang di Teluk Tamiang menghampar sekitar l km2 dengan kedalaman bervariasi.

AIR PANAS SUMUR MANGGURAK

Daya tarik ini terletak sekitar 4,5 kilometer dari pusat kota. Wisata alam air panas di Desa Sigam juga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Banyaknya pengunjung ke lokasi air panas Desa Sigam karena adanya anggapan dengan mandi air panas di Km 4 tersebut dapat membantu menyebuhkan penyakit kulit, walau penyakit tersebut sebelumnya sudah diobati dan tidak kunjung sembuh. Selain itu mandi air panas juga dipercayai dapat membugarkan tubuh yang letih dan lelah setelah bekerja keras.

PULAU SAMBER GELAP

Pulau Samber Gelap Merupakan Sebuah Pulau Kecil yang terletak di Kecamatan Pulau Sebuku.Pulau yang pantainya cukup indah ini merupakan sebuah pulau tempat penyu bertelur.Pulau ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah, pasir pantainya putih dan lembut, serta air laut yang jernih ditambah dengan langit birunya. Untuk ke pulau ini memerlukan waktu yang lumayan lama, dari Banjarmasin memerlukan waktu sekitar 5 jam ke Pagatan yang kemudiuan dilanjutkan dengan naik kapal sekitar 8 jam.Walaupun sangat jauh tapi ketika melihat beningnya air laut, dan pasir putih yang lembut, maka langsung dapat menghilangkan rasa lelah. Tidak hanya pesona alamnya yang luar bioasa, duimalam hari pengunjung dapat melihat secara langsung Penyu bertelur. 

AIR TERJUN SERATAK

Air Terjun Seratak yang terletak di desa Seratak, Pulau Laut Timur, jaraknya sekitar 19 km dari pusat kota. Air terjun dengan ketinggian sekitar 4 meter ini sangat indah dan hutan sisekitarnnya pun masih perawan. Disekitar lokasi ini banyak terdapat pohon duren, duku serta langsat yang mana pada saat musim buah tersebut banyak warga kota yang berkunjung untuk menikmati langsung dibawah pohon.

PANTAI TELUKARU

Pantai Teluk Aru diujung Selatan Pulau Laut yang jaraknya sekitar 158 km dari KOtabaru.Pantai yang cukup indah ini sangat ramai menjelang pada saat acara puncak pesta adat "Mallasung Manu" keramaian ini selain hiburan music juga pertndingan sepak bola antar club. Puncak acara adat ini dilaksanakan dieberang pantai pada sebuah pulau kecil yang diberi nama Pulau Cinta dengan jarak 20 menit naik kapal kecil. Disekitar Pantai Teluk Aru terdapat batu jodoh dan konon tempat ini dijadikan tempat berikrar sepasang kekasih.

GOA BATU TUNGGAL

Berkunjung ke Kotabaru belumlah lengkap kalau tidak melihat Goa Batu Tunggal. Objek wisata yang berada di desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru yang menawarkan indahnya Goa Lawa, dengan luas ± 79.375 m2 tingginya ± 55 m. Dari Pusat kota Kabupaten Kotabarudengan perjalanan darat dapat ditempuh + 35 km dengan sarana penyeberangan kapal very.

GOATEMULUANG

Goa Temuluwang yang terletak di Kelumpang Hulunatau sekitar 92 km ari Kabupaten Kotabaru memiliki pemandangan yang khas karena sebuah sungai yang panjangnya ratusan meter mengalirnya dari sejumlah stalaktit terlihat di langit-langit goa. Goa ini adalah tempat bersarangnya burung walet dan untuk memasukinya haruslah behati-harti serta di bombing oleh pemandu agar tidak mengganggu kelestariannya.

PULAU MANTI

Pulau Manti yang letaknya diperairan Pulau Sebuku Merupakan pulau kecil yang dapat ditempuh sekitar 20 menit naik speed boat dari Kotabaru. Pulau dengan pantai pasir putihnya yang sangat indah ini juga sebagai tempat acara adat Selamatan Laut yang berlangsung di Gosong Bangau, di pulau ini juga sering diadakan hiburan sesudah hari lebaran atau hari besar.

 

Find the last offers by SkyBet at www.bettingy.com BettingY.com Bonuses

© 2017 DINAS PARIWISATA  Provinsi Kalimantan Selatan