•  
  •  
  •  
  • BUKIT LANGARA
  • HARATAI
  • WISMA HARATAI

KAB.HULU SUNGAI SELATAN

Kabupaten Hulu Sungai Selatan terdiri dari kawasan perbukitan yang dikelilingi oleh pegunungan, keadaan ini menjadikan kawasan ini menimbulkan daya tarik, baik dari sisi panorama aiam pegunungan yang indah dengan ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan yang unik dank has setempat, seperti beberapa jenis dari famili Dipterocarpaceae, serta beberapa jenis anggrek dan tanaman lainnya. Adapun beberapa jenis fauna unik yang terdapat pada kawasan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 termasuk Janisyang dilindungi, seperti: bekantan (Nasalis larvatus) dan iutung (Presbytis frontata).

Bentang alam yang merupakan panorama alam yang indah tersebut seperti; air terjun, pemandangan hutan tropis basah, aliran air sungai yang deras dan berbatu, serta bekas-bekas perladangan dari penduduk yang mengandung arti penting bagi system pertanian tradisional penduduk setempat dalam memanfaatkan lahan.Objek-objek tersebut sangat besar potensinya bagi pengembangan pariwisata di kawasan ini.Selain dari keindahan alam, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga banyak dijumpai rumah-rumah adat penduduk DayakMeratus atau Dayak Bukit yang disebut Balai.Rumah-rumah balai ini selain sebagai tempat tinggal penduduk, juga digunakan untuk upacara-upacara adat yang disebut upacara aruh.Upacara-upacara adat ini biasanya dilakukan menjelang penanaman padi dan setelah panen padi.

Panorama alam yang banyak dijumpai adalah air terjun dan aliran sungai yang deras dan berbatu, goa, serta pemandangan hutan tropis basah yang menggambarkan struktur hutan tropis Pegunungan Meratus dengan variasi jenisnya tinggi. Air terjun merupakan objek yang banyak ditemukan dan sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, terutama wisatawan yang menginginkan petualangan di kawasan hutan hujan tropis, karena untuk mencapainya wisatawan harus berjalan kaki atau dengan mengendarai kendaraan roda dua dan melalui beberapa desa, areal perladangan dan kebun-kebun penduduk, serta bekas-bekas perladangan yang sudah membentuk hutan sekunder yang cukup lebat dan menembus hutan belantara yang cukup lebat. Adapun air terjun yang menarik untuk dikunjungi antara lain; Air Terjun Tinggiran Ayam dan Air Terjun Haratai. Kawasan Loksado Makam Datu Taniran Kerbau Rawa "Nagara”

 

Find the last offers by SkyBet at www.bettingy.com BettingY.com Bonuses

© 2017 DINAS PARIWISATA  Provinsi Kalimantan Selatan