• Home
  • HUMAS
  • Disporbudpar Beri Modal untuk Teater Banjarmasin

Disporbudpar Beri Modal untuk Teater Banjarmasin

BANJARMASIN, KK -  Peringatan Milad ke-47 dan pengukuhan pengurus Sanggar Seni Tradisi Kalimantan Selatan Teater Banjarmasin berlangsung pada Minggu (26/12/2016) malam di gedung Balairung Sari Taman Budaya Kalimantan Selatan


Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalsel memberikan modal awal untuk kepungurusan baru Sanggar Seni Tradisi Kalsel Teater Banjarmasin sebesar Rp4,7. Hal tersebut disampaikan Mujiat, selaku Kepala Bidang Kebudayaan Disporbudpar Kalsel saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut.

Menurutnya, hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada pengurus baru Teater Banjarmasin, untuk melestarikan kesenian tradisi yang ada di Kalsel. "Supaya semangat, kita berikan modal awal," ujarnya.

Pengurus Senggar Seni Tradisi Kalimantan Selatan Teater Banjarmasin untuk periode lima tahun mendatang ini, secara resmi dikukuhkan oleh  ketua Dewan Kesenian provinsi Kalsel, Syarifuddin R. Dalam sambutannya, ia berharap Teater Banjarmasin yang selama ini menjadi barometer pelestari seni teater tradisi yang ada di Kalsel, khususnya Japin Carita dan Mamanda, agar dapat mengembalikan kejayaannya.

"Mudah-mudahan teater Banjarmasin bangkit lagi dan berjaya kembali," ujar pria yang menyandang gelar datu mangku adat tersebut.

Ketua umum Teater Banjarmasin yang baru, H Tarmuzi, mengakui bahwa ada kekendoran dalam pembinaan dan pelestarian teater tradisi yang ada di Kalsel selama ini. Menurutnya, seperti tema yang mereka angkat dalam acara tersebut, yakni "Kita Bacangkal Maharagu Seni Tradisi Banua," merupakan tekad yang akan mereka bawa selama lima tahun ke depan.

Dalam acara tersebut hadir juga seniman senior di Kalsel, yakni Muhammad Yusran atau yang biasa dikenal sebagai Jon Tralala. Ia hadir bukan sebagai undangan, tapi sebagai pembina Sanggar Teater Banjarmasin yang berdiri sejak 20 Desember 1969.

Selain acara pengukuhan, acara milad sanggar seni yang berusia 47 tahun tersebut, dilanjutkan dengan hiburan berupa pementasan Tari, Teater, dan Musik. nfi/ara

Find the last offers by SkyBet at www.bettingy.com BettingY.com Bonuses

© 2017 DINAS PARIWISATA  Provinsi Kalimantan Selatan